fbpx

Tips Memulai Bisnis Kecil Pada Tahun Pandemi 2022

Tips Memulai Bisnis Kecil Pada Tahun Pandemi 2022

Di tengah kondisi yang sekarang ini masih dalam pandemi covid-19, banyak aktivitas bisnis yang terhambat maupun terpaksa tutup. Tidak sedikit pebisnis memilih keputusan yang sulit untuk bisnis yang mereka jalankan. Kamu mungkin merasa beresiko memulai bisnis sedangkan bisnis-bisnis yang lain sedang mengalami kesulitan. Tetapi dengan keadaan seperti yang sekarang ini kita bisa memulai bisnis dan memilih jenis bisnis yang sesuai dengan keadaan. Keputusan yang matang dan banyak berubahnya kebiasaan orang akibat pandemi ini, bisa dijadikan sebagai peluang alternatif untuk menambah pemasukan yang sifatnya fleksibel dan dinamis. Walaupun memiliki tantangan maupun resiko, kamu harus benar-benar siap sebelum memulai bisnis. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis di tengah pandemi pada tahun 2022 nanti:

Cek Kondisi Finansial

Sebelum memulai bisnis hal yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kondisi keuangan. Kamu harus memastikan kondisi keuanganmu siap. Membuat rencana anggaran terlebih dahulu sebelumĀ  memulai bisnis. Kemudian kamu juga harus memiliki dana darurat yang digunakan untuk dana cadangan jika nantinya terjadi kondisi darurat.

Analisis Peluang dan Kebutuhan

Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Menganalisa produk apa yang mampu membuat konsumen menjadi pelanggan tetap dibisnis yang kamu jalankan. Tidak hanya sekedar menjadi konsumen yang datang sekali dan esoknya tidak kembali.

Membuat Target Pasar

Target pasar merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa target pasar yang jelas sebuah bisnis tidak akan berkembang karena produk tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika tidak memiliki target pasar, bisnis yang kamu jalankan akan sia-sia. Kamu harus bisa memecahkan dan menganalisa apa yang kamu tawarkan ke konsumen dengan karakteristik konsumen yang tepat juga.

Strategi Penjualan

Di kondisi pandemi saat ini banyak pebisnis memanfaatkan media sosial untuk mejual produknya. Media sosial dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan target pasar tanpa bertemu secara langsung. Menentukan pilihan konten yang sesuai dengan jenis media sosial yang digunakan. Kemudian bisa juga memanfatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak,dll. Ada juga strategi penjualan yang lainnya misalkan kamu membuat sebuah promosi beli 1 sekarang mendapatkan diskon atau beli 2 gratis 1. Sehingga setiap kamu posting di media sosial maupun marketplace dapat menarik konsumen untuk mengunjungi media sosialmu.

Itulah beberapa langkah-langkah untuk mengambil sebuah keputusan sebelum memulai bisnis kecil di tengah pandemi saat ini atau tahun 2022 nanti. Untuk mengambilkan keputusan jangan gegabah karena bisa merugikan suatu bisnis yang dijalankan. Bagi pelaku bisnis jika menemukan kendala dalam hal penyusunan sebuah laporan keuangan dapat mendownload aplikasi dimulainol khusus untuk pengguna android. Jika teman-teman memiliki ide tips lebih menarik dari tips diatas jangan lupa di respon di kolom komentar di bawah ini ya.

Tips Memulai Bisnis Kecil Pada Tahun Pandemi 2022
Scroll to top