fbpx

Tips Mengelola Stock Opname dalam Usaha

Tips Mengelola Stock Opname dalam Usaha

Dalam menjalankan usaha, usaha wajib memastikan proses bisnis berjalan dengan lancar, salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan persediaan produk yang akan ditawarkan atau biasa yang disebut dengan stock opname. Stock opname merupakan pengecekan fisik jumlah dan kondisi barang yang ada di tempat penyimpanan. Usaha akan semakin besar jika menambah stok produk sesuai demand yang ada. Sehingga menjalankan suatu usaha diperlukan Stock Opname.  

Selain itu, tujuan dilakukannya stock opname yaitu untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stok fisik yang disimpan usaha. Kegiatan ini diperlukan untuk menghindari pencurian maupun penggelapan barang. Penghitungan stock opname yang baik dapat membantu untuk mengetahui produk yang sedang dicari pelanggan dan produk yang kurang diminati pelanggan, sehingga pengusaha dapat mempertimbangkan untuk melakukan persediaan ulang untuk suatu produk.

Proses ini bertujuan untuk pembukuan audit dengan mengetahui kesesuaian antara jumlah yang tercatat dalam administrasi pembukuan dengan situasi riil yang ada.Stock Opname harus dilakukan sesering mungkin, bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Tips mengelola stock opname adalah :

Pertama : Melakukan klasifikasi atau pengelompokan barang sesuai kelompoknya, dengan tujuan memudahkan dalam melakukan pencatatan. Kode yang digunakan biasanya terkait dengan unsur merek, warna, ukuran, dan tipe barang.Pisahkan antara barang lama dengan barang yang baru masuk. Sehingga memudahkan proses penghitungan barang mana yang sudah lama di gudang.

Kedua : Perhatikan momen. Tidak disarankan melakukan stock opname ketika bisnis sedang sibuk karena kegiatan stock opname cukup memengaruhi penjualan. Daripada Anda mengalami opportunityloss, sebaiknya stock opname dilakukan ketika sedang lowseason.Sehingga data yang kamu catat akurat sesuai dengan kondisi atau jumlah riil di tempat penyimpanan.

Ketiga : Pisahkan antara barang lama dengan barang yang baru masuk, sehingga memudahkan proses penghitungan barang yang sudah lama di gudang. Barang yang sudah masuk pencatatan bisa diberi label/tag/sticker agar tidak terdata berulang kali. Jika menggunakan barcode maka proses ini akan jadi lebih mudah karena sistem akan langsung mengingatkan jika barang itu telah di cek sebelumnya.

Keempat : Semua catatan yang sudah dibuat menjadi satu laporan atau berita Stock Opname. Fungsinya bahwa Stock Opname sudah dilakukan. Jangan lupa juga, hasil data tersebut harus kamu masukkan ke dalam sistem yang kamu punya untuk dilakukan penyesuaian jumlah.

Kelima : menghitung jumlah keseluruhan dari Stock Opname yang sudah kamu buat. Metode hitungannya tergantung dari kebutuhan yang kamu mau. Dalam melakukan penghitungan stok barang, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Pertama, metode penghitungan dengan sistem periodik. Metode penghitungan ini berdasarkan pada persediaan barang yang keluar atau masuk hanya dengan menghitung biaya yang keluar. Metode kedua adalah penghitungan perpetual. Penghitungan perpetual merupakan menghitung barang persediaan yang keluar, dengan menghitung harga pokok penjualan dan persediaannya secara langsung.

Manfaat stock opname adalah :

  • Membantu meminimalisir kemungkinan terjadinya kekurangan ataupun kelebihan terhadap produk.
  • Mengetahui persediaan barang sebagai bahan baku, bahan penolong, produk setengah jadi dan produk jadi.
  • Membantu untuk terus memproduksi barang dan tetap menjaga ketersediaan produk agar tidak kosong dan merusak strategi pemasaran.
  • Sebagai tindak lanjut secara cepat jika terjadi kekurangan barang, sehingga tidak menimbulkan kekosongan stok produk.
  • Untuk mengetahui secara pasti arus barang yang keluar dan masuk dan sistematis.

Kegiatan stock opname produk bagi perusahaan terutama UMKM merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Kegiatan perhitungan stok dapat meningkatkan akurasi pesanan terhadap stok suatu produk. Kegiatan perhitungan yang rutin akan meningkatkan pesanan karena pelayanan cenderung cepat dan tepat waktu. Bagi pelaku bisnis jika menemukan kendala dalam hal penyusunan sebuah laporan keuangan dapat mendownload aplikasi dimulainol khusus untuk pengguna android.

Tips Mengelola Stock Opname dalam Usaha
Scroll to top