fbpx

Tips Mengelola Arus Kas yang Berantakan

Tips Mengelola Arus Kas yang Berantakan

Gimana sih mengatur maupun mengelola arus kas bagi bisnis yang efisien? Simak berikut ini jawabannya. Arus kas merupakakan komponen yang sangat penting bagi bisnis kecil maupun menengah. Sebagian bisnis yang awalnya memperoleh keuntungan tetapi lama-kelamaan mengalami kebangkrutan karena kas yang masuk tidak sebanding dengan jumlah kas yang keluar. Jika sebuah bisnis tidak bisa melakukan manajemen kas yang baik sehingga tidak bisa melakukan investasi. Atau saja pelaku bisnis mencari pinjaman modal agar bisnis tetap berjalan. Tetapi dengan pinjaman itu bisa juga menyebabkan kerugian. Berikut ini cara yang digunakan untuk mengelola arus kas Anda.

Mengevaluasi Pengeluaran dan Pendapatan

Pelaku bisnis tidak hanya melihat dari sisi pengeluaran berlebih yang dapat membuat arus kas menjadi berantakan, tetapi juga harus melihat dari sisi pendapatan juga. Pengeluaran dan pendapata harus seimbang. Oleh karena itu pelaku bisnis harus melakukan evaluasi, apakah pengeluaran yang harus ditekan atau pendapatan yang didorong untuk menjadi lebih baik. Jika memang pendapatan yang harus didorong, maka pelaku bisnis dapat melakukan rapat internal yang cukup serius. Pelaku bisnis juga harus siap berani mengambil berbagai macam resiko untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada bisnis yang dijalankan.

Mencatat Setiap Transaksi

Dalam melakukan transaksi wajib dilakukan pencatatan sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam arus kas. Pelaku bisnis harus mencatat transaksi pengeluaran maupun pendapatan. Tetapi harus diingat juga pelaku bisnis tidak boleh memasukkan pengeluaran maupun pemasukan pribadi dalam catatan tersebut. Hal tersebut akan membuat arus kas menjadi berantakan nantinya.

Meminimalisir Biaya

Dalam hal ini biaya operasional yang tinggi akan mempengaruhi arus kas dalam bisnis dalam skala yang kecil maupun menengah. Sebagai solusinya pelaku bisnis dapat meninjau pengeluaran secara berkala dan mencari cara untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan maupun bisa juga menghilangkan biaya yang mungkin tidak diperlukan. Mengurangi biaya operasional dapat membuat perbedaan dalam hal arus kas dan profitabilitas dalam bisnis.

Memeriksa Arus Kas Secara Berkala

Sebagai pelaku bisnis pemeriksaan arus kas wajib dilakukan. Jika waktu memadai bisa dilakukan dengan pemeriksaan kas harian. Dengan pemeriksaan setiap hari akan meminimalisir masalah yang terjadi. Jika pemeriksaan harian tidak bisa dilakukan, pelaku bisnis dapat melakukan pemeriksaan seminggu sekali. Semakin banyaknya arus pengeluaran dan pendapatan pelaku bisnis dituntut semakin teliti dalam mengatur dan mengelola arus kas.

Itulah cara yang digunakan untuk mengelola arus kas. Dengan adanya solusi yang tepat, arus kas yang berantakan tidak akan menjadi masalah yang berkepanjangan. Bagi pelaku bisnis jika menemukan kendala dalam hal penyusunan sebuah laporan keuangan dapat mendownload aplikasi dimulainol khusus untuk pengguna android. Jika teman-teman memiliki ide tips lebih menarik dari tips diatas jangan lupa di respon di kolom komentar di bawah ini ya.

Tips Mengelola Arus Kas yang Berantakan
Scroll to top