fbpx

Merekrut Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk UMKM

Merekrut Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk UMKM

Merekrut SDM yang tepat untuk UMKM sangatlah penting. Menjadi permasalahan ketika UMKM membutuhkan SDM baru, tidak karena sulit untuk mendapatkan SDM tetapi bagaimana mebuat SDM bisa bertahan lebih lama dengan UMKM yang masih belum bisa untuk memberikan yang terbaik untuk karirnya. Sebelum menjelaskan beberapa tips merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik untuk UMKM. Kita akan memahami terlebih dahulu apa sih merekrut SDM itu? Merekrut SDM merupakan proses yang dilakukan dengan tujuan mencari, menyeleksi, menemukan dan mengajak SDM untuk bekerja sama dengan kita. Faktanya, untuk menemukan SDM atau karyawan/karyawati yang tepat memang susah-susah gampang. Apalagi bergabung dalam sebuah UMKM. Jika kamu ingin merekrut SDM, maka kami akan menjelaskan beberapa tips merekrut SDM yang tepat dan cocok untuk UMKM. Apa saja tipsnya? Mari kita baca penjelasannya berikut ini.

Menggunakan Referensi

Menggunakan referensi disini kamu bisa menggunakan referensi dari teman. Misalkan kamu memberikan informasi ke teman kamu kalo ingin mencari SDM yang cocok untuk UMKM kamu. Selain referensi dari teman bisa juga kamu menanyakan ke karyawan kamu apakah mereka memiliki kenalan yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. Referensi dari teman maupun karyawan itu memberikan rasa aman dan percaya kepada kamu sebelum bertemu kandidat yang direferensikan tersebut.

Mengoptimalkan Media Sosial

Mengoptimalkan media sosial untuk mempublikasikan mengenai informasi  lowongan kerja dengan menguraikan posisi pekerjaan yang dicari dan deskripsi perkerjaan yang jelas dan rinci kemudian kualifikasi utama yang diperlukan. Menyertakan posisi dan kualifikasi yang dicari dapat memudahkan dalam menyeleksi pelamar. Setelah dirasa konsep iklan sudah jadi kamu dapat mempublikasikan iklan melalui media sosial misalkan Facebook, Instagram, WhatsApp maupun portal iklan yang ada di website jika memang sudah ada budget untuk memasang iklan yang berbayar. 

Menawarkan Benefit

Selain gaji yang mereka dapatkan menawarkan benefit dapat untuk dijadikan daya tarik bagi pelamar. Misalkan saja menawarkan seperti bonus,insentif, makan siang gratis, dan sebagainya. Dengan memberikan benefit dapat juga untuk memotivasi produktifitas dan rasa loyalitas kepada tempat kerjanya. Kamu juga harus berkomitmen jika memang kamu menawarkan sebuah benefit kepada pelamar tersebut jika bergabung dengan UMKM kamu. Kamu juga harus mengindari hal yang tidak menepati janji di awal, tidak sesuai dengan perjanjial di awal akan mengakibatkan pelamar yang kamu rekrut kecewa.

Melakukan Verifikasi Referensi Kandidat

Meskipun sudah memilih kandidat yang sudah cocok mengisi posisi yang dibutuhkan. Kamu juga harus melakukan pengecekan ulang terhadap latar belakang kandidat yang terpilih dengan melihat kembali resume yang dijadikan sebagai lampiran pelamar. Mungkin saja kita bisa melihat beberapa hal yang belum diketahui setelah melakukan tes kerja maupun wawancara.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan SDM yang tepat dan mampu meningkatkan perkembangan UMKM yang kamu jalankan. Bagi pelaku bisnis jika menemukan kendala dalam hal penyusunan sebuah laporan keuangan dapat mendownload aplikasi dimulainol khusus untuk pengguna android. Jika teman-teman memiliki ide tips lebih menarik dari tips diatas jangan lupa di respon di kolom komentar di bawah ini ya.

Merekrut Sumber Daya Manusia yang Tepat untuk UMKM
Scroll to top