fbpx

Tips Mengelola Manajemen SDM dengan Baik

Tips-tips Mengelola Manajemen SDM dengan Baik

Terjun dalam dunia bisnis memang tidak bisa langsung mendapat keuntungan yang cepat dan besar harus melalui sebuah proses yang panjang. Melalui UMKM seseorang bisa mendapatkan profit yang menggiurkan dan menjadi bisnis yang besar. UMKM sendiri merupakan salah satu perekonomian yang penting hingga pelosok desa. Dengan banyaknya UMKM akan memiliki daya saing antar UMKM. Sehingga pebisnis harus memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas mampu mendorong kemajuan bisnis dan dapat menghasilkan produk yang dicari dan disenangi oleh konsumen sehingga mempunyai nilai jual yang lebih Untuk itulah bagi pemilik UMKM wajib untuk mempertimbangkan manajemen sumber daya manusia untuk kemajuan bisnisnya. Bagi UMKM manajemen sumber daya manusia menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu jika ingin UMKM berjalan dengan lancar, maka Anda harus melakukan manajemen sumber daya manusia yang baik. Di bawah ini akan di uraikan beberapa tips mengelola manajemen sumber daya manusia (SDM) dengan baik.

Membuat Sebuah Struktur Organisasi

Hal yang paling utama dalam memulai bisnis adalah membuat sebuah struktur organisasi. Walaupun bisnis kecil, sedang, menengah maupun besar wajib memiliki struktur organisasi. Misalkan saja posisi penting seperti bendahara, staf Produksi dan koordinator produksi. Tunjuklah karyawan yang memang sesuai untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dalam bisnis Anda. Berikan kepercayaan secara lisan sehingga mereka mempunyai rasa tanggung jawab dan memiliki loyalitas kepada Anda.

Membuat Jadwal Pelatihan

Pelatihan untuk karyawan harus dijadwalkan secara berkala. Dengan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para karyawan. Dengan pengetahuan dan ketrampilan yang bertambah diharapkan karyawan dapat meningkatkan performa kinerja mereka dan mampu memberikan suatu kreativititas dalam menghasilkan produk.

Membuat Aturan dan Kebijakan

Dalam bisnis harus mempunyai aturan yang jelas misalkan saja jam operasional bekerja dan aturan apa yang harus dipatuhi. Selain membuat sebuah aturan juga harus ada kebijakan dalam berbisnis, sehingga dapat juga bermanfaat untuk karyawan. Misalkan karyawan mendapatkan fasilitas berupa asuransi, bonus dan insentif jika performa kinerja mereka meningkat.

Memberikan Upah yang Sesuai

Upah merupakan hal yang sensitif. Karena upah mendukung kepuasan karyawan. Dengan memiliki upah setara maupun lebih dari UMR, tentu saja karyawan memiliki rasa loyalitas yang tinggi dan performa kinerja yang baik. Sehingga membantu kelancaran bisnis Anda. Upah yang diberikan harus sesuai dengan posisi dan performa kinerja dan tidak memberatkan Anda sebagai pelaku bisnis.

Melakukan Evaluasi Kerja Secara Berkala

Mengevaluasi kinerja setiap karyawan memang penting. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja setiap karyawan. Tentu beda kinerja karyawan yang satu dengan yang lainnya. Evaluasi kerja bisa berupa data laporan setiap harinya. Anda juga harus memberikan sebuah apresiasi kepada karyawan yang dinilai memiliki kinerja yang bagus dan sebaliknya jika dirasa ada karyawan dalam kinerjanya belum menunjukkan kinerja yang bagus, tugas Anda memberikan sebuah arahan dan masukan sehingga dapat memperbaiki kinerja karyawan tersebut.

google play dimulai nol app
Download Dimulai Nol App di PlayStore Sekarang Juga

Itulah beberapa uraian tips bagaimana memanajemen sumber daya manusia yang baik. Dengan membuat sebuah manajemen sumber daya manusia yang baik, tentu saja akan memberikan komitmen dan loyalitas yang diberikan karyawan untuk Anda. Hal itu juga akan membantu bisnis UMKM Anda terus berjalan dan berkembang. Bagi Pelaku UMKM jika menemukan kendala dalam hal menyusun sebuah laporan keuangan bisa download aplikasi dimulainol di gambar atas khusus untuk pengguna android.

Tips Mengelola Manajemen SDM dengan Baik
Scroll to top