fbpx

Tips Berbisnis Sampingan di Masa Pandemi Covid-19

Tips Berbisnis Sampingan di Masa Pandemi Covid-19

Sudah banyak korban dengan adanya virus covid-19 yang terjadi saat ini. Orang-orang kehilangan pekerjaan dan pengusaha banyak yang gulung tikar. Terus bagaimana untuk mengatasinya? Apakah menunggu keadaan seperti semula? Kita harus mencari solusi untuk mengatasi kondisi sulit yang terjadi sekarang ini. Dengan meningkatnya kebutuhan dan pengeluaran, membuat banyak orang melakukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang menjadi pilihan masyarakat adalah dengan memulai berbisnis sampingan. Jika saat ini kamu memikirkan bagaimana untuk mendapatkan penghasilan tambahan, berikut ini tips-tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan:

Harus Memiliki Komitmen

Untuk mendapatkan suatu penghasilan tambahan, maka harus memahami akan ada tambahan waktu kerja juga. Bisnis sampingan juga bisa menjadi penghasilan utama kedepannya, maka harus dilakukan dengan komitmen sepenuh hati dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang dilakukan setiap harinya. Menuliskan pada agenda harian berapa jam waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan.

Menjalankan Bisnis Sesuai Passion

Bisnis yang dijalankan harus sesuai dengan passion yang dimiliki. Bisnis tidak akan berjalan optimal jika kamu sendiri tidak terlalu suka untuk menjalankannya. Maka dari itu harus memilih bisnis yang benar-benar sesuai dengan passion untuk menjalankannya.Arti suka disini bisa menyukai bisnis sesuai hobi atau memang menyukai bisnis karena mendapatkan keuntungan yang banyak. Bisa juga memilih bisnis yang tidak menyita banyak waktu. Dengan begitu bisnis yang dijalankan sesuai passion mampu memberikan hasil yang optimal walaupun di hari tersebut mendapatkan tekanan pekerjaan yang lainnya.

Memiliki Tujuan Terukur

Bisnis sampingan tidak akan tumbuh dan berkembang jika tidak mempunyai tujuan yang terukur, terstruktur dan mudah dicapai. Tetapkan tujuan di masa depan yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan saat ini. Misalnya ingin memiliki pendapatan tambahan 1,5 juta perbulan. Berarti dalam satu hari harus memiliki keuntungan minimal 50 ribu. Jika tujuan tercapai, untuk bulan berikutnya patokan pendapatan dapat dinaikkan.

Kerja Sama dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Tidak mungkin bisa menghandle semua pekerjaan yang ada. Maka dari itu bekerjasama dengan orang lain itu penting dimana dapat mengisi kelemahan yang anda miliki. Misalkan saja Anda menguasai di bidang penjualan tetapi tidak bisa membuat suatu aplikasi sendiri untuk melakukan pemasaran. Maka Anda bisa bekerja sama dengan pembuat aplikasi untuk memasarkan produk yang dimiliki. Intinya lakukan yang terbaik. Fokus pada kelebihan yang ada dan bekerja sama dengan orang lain di bidang yang Anda rasa menjadi titik kelemahan Anda.

Meminta Feedback kepada Konsumen

Menjalankan bisnis pasti membutuhkan konsumen. Meminta feedback ke konsumen sangat bermanfaat bagi pebisnis. Bisa digunakan untuk memperbaiki layanan selanjutnya. Selain itu feedback juga dapat mengetahui sesuatu yang menjadi selera konsumen.

Tidak Melupakan Pekerjaan Utama

Meskipun sudah memiliki bisnis sampingan, jangan lupa dengan pekerjaan utama. Jangan sampai melalaikan pekerjaan utama, karena terlalu fokus menjalankan bisnis sampingan. Sulit memang untuk fokus mengerjakan dua pekerjaan yang berbeda. Dalam kondisi ini anda dituntut untuk dapat membagi dan mengatur skala prioritas. Tetap tunjukkan sikap profesionalitas di tempat kerja dan saat menjalankan bisnis.

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis untuk mendapat penghasilan tambahan. Intinya jika Anda menjalankan pekerjaan utama dan bisnis sampingan dengan benar, maka akan menjadi kebiasaan dan tidak merasa terbebani lagi. Terlebih bisnis sampingan yang anda jalankan sesuai dengan passion yang anda miliki. Bagaimana sudah siap untuk memulai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Jangan lupa download aplikasi dinol (dimulai nol) secara gratis khusus pengguna android untuk menyusun sebuah laporan keuangan untuk efisiensi dalam mengelola bisnis sampingan.

Tips Berbisnis Sampingan di Masa Pandemi Covid-19
Scroll to top