fbpx

10 Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula

10 Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula

Memulai bisnis online dari nol bagi pemula memang hal yang tidak mudah. Dibutuhkan usaha yang giat dan kemauan yang tinggi untuk terus belajar. Bisnis online sendiri bisa dipelajari oleh semua kalangan. Jadi bagi pemula yang masih takut untuk memulai bisnis, kini saatnya untuk mengubah cara berpikir. Menghilangkan cara berpikir bahwa bisnis online dari nol merupakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan. Terdapat banyak tips untuk memudahkan dan membangun bisnis online dari nol. Berikut ini  rangkuman 10 tips memulai bisnis online dari nol bagi pemula yang bisa dijadikan sebagai referensi. Seperti apa tipsnya? Berikut penjelasannya.

Menyesuaikan Passion yang Dimiliki

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui passion apa yang dimiliki. Passion merupakan hal yang sangat disenangi dan tidak terasa bosan dalam menjalaninya. Ketika menjalani bisnis sesuai dengan passion maka akan menumbuhkan rasa ingin tau yang tinggi. Sehingga banyak hal yang dipelajari dan akan memperkaya ilmu yang dimiliki.

Menentukan Ide yang Sedang Trending

Menentukan ide yang saat ini sedang trending tentunya tidak mungkin untuk berdiam dirumah saja. Ada baiknya keluar dari zona nyaman untuk mencari tahu sesuatu yang sedang tren saat ini. Dengan memperhatikan yang saat ini tren di pasaran, sehingga akan menumbuhkan ide bisnis dan akan terpikirkan untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Menyusun Business Plan

Memulai bisnis dari nol memerlukan business plan yang matang. Business plan merupakan kunci kesuksesan dalan berusaha. Dalam memulai bisnis harus terfikirkan juga untuk memetakan rencana apa kedepannya kemudian tujuan apa ingin diraih dan bagaimana cara untuk meraihnya. Business plan merupakan faktor penting salah satunya untuk memudahkan dalam peminjaman modal dan menyakinkan investor untuk bergabung.

Menganalisa Pasar

Dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam dan bervariasi, menganalisa pasar merupakan hal yang penting. Menganalisa pasar dapat dijadikan sebagai dasar yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan penentuan target pemasaran. Dengan melakukan analisa pasar yang tepat, akan bisa lebih memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan.

Menentukan Produk

Sebelum memulai usaha harus menentukan dulu produk yang akan ditawarkan berupa barang atau jasa. Produk yang ditawarkan haruslah yang saat ini sedang dicari atau tren . Selain itu juga bisa menawarkan produk sesuai dengan passion yang dimiliki sehingga akan lebih bersemangat dalam berbisnis.

Mengidentifikasi Persaingan dengan Kompetitor

Dalam menjalankan bisnis, adanya kompetitor memang bukan hal yang baru. Untuk mengidentifikasi persaingan dengan kompetitor dapat digunakan dengan analisa SWOT (Streangth, Weakness, Opportunity, Treatment) dengan membandingkan kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman. Dengan mengidentifikasi kompetitor Anda dapat menyusun strategi dan memodifikasi sehingga bisnis online yang dijalankan agar lebih menonjol dimata konsumen.

Membangun Brand

Membangun sebuah brand dalam bisnis merupakan hal penting untuk dijadikan penentu kemajuan bisnis. Salah satunya dengan menentukan target pelanggan, sehingga dapat menjadi solusi permasalahan pelanggan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Pelanggan bisnis online lebih tertarik dengan konsep brand yang kredibel dibandingkan dengan brand yang dibangun asal.

Menjaga Kualitas Produk

Kualitas suatu produk merupakan nilai jual utama yang dapat menarik minat pelanggan. Suatu produk akan lebih bermakna jika tepat apa yang diinginkan konsumen. Jika dapat menjaga kualitas produk tentu saja konsumen akan senang dan puas dengan produk yang dijual. 

Memiliki Pelayanan Pelanggan yang Baik

Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan akan menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Adanya pelayanan yang terbaik kepada pelanggan menjadi tolak ukur dalam menciptakan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Maka dari itu pelayanan terbaik untuk pelanggan harus ditanamkan dalam berbisnis.

Menentukan Pendapatan Minimal untuk Target Pencapaian

Menentukan pendapatan minimal harus dilakukan. Meski baru memulai bisnis, harus menetapkan pendapatan walaupun dengan angka minimal. Hal itu dapat menjadi fokus dan tertantang dalam menghidupkan bisnis yang dijalankan menjadi lebih hidup dan memperoleh keuntungan.

Itulah 10 tips memulai bisnis online dari nol bagi pemula. Banyak cara untuk memulai usaha dengan tekad yang kuat. Apabila hanya bermimpi menjadi pengusaha tanpa adanya upaya untuk memulai, maka tidak akan terwujud. Bagaimana menurut Anda? Apakah saat ini sudah siap untuk memulai bisnis online dari nol? Jangan lupa download aplikasi dimulainol khusus pengguna android untuk menyusun sebuah laporan keuangan dari setiap transaksi yang Anda lakukan.

10 Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula
Scroll to top