fbpx

Tips Bertahan Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM

Tips Bertahan Pelaku UMKM dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Saat ini masalah covid-19 sedang menjadi tren pembicaraan di seluruh dunia. Tidak dapat dipungkiri penyebaran virus covid-19/corona ini berdampak pada ekonomi global. Hampir semua pelaku bisnis terlebih usaha mikro kecil menengah (UMKM) juga ikut terdampak. Pelaku UMKM banyak yang menjalankan usaha tidak seperti biasanya. Pendapatan mengalami penurunan bahkan sampai tidak ada pendapatan sama sekali. Untuk itu, di tengah pandemi seperti ini pelaku UMKM harus melakukan berbagai strategi sehingga usaha yang dikelola tetap berjalan. Berikut ini beberapa tips bagi pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi covid-19:

Tips Pertama, memastikan arus kas lancar. Arus kas merupakan unsur yang penting dalam usaha. Sehingga setiap usaha harus mampu mengelola arus kas dengan baik. Permasalahan dalam arus kas akan muncul ketika UMKM beradaptasi dalam hal perubahan pola permintaan, ketersedian bahan maupun lainnya dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini. Untuk mengatasi perubahan seperti saat ini, dapat memanfaatkan teknologi digital misalnya menggunakan aplikasi pengelola keuangan. Aplikasi pengelola keuangan sangat bermanfaat dalam situasi seperti saat ini. Mulai dari pembuatan laporan keuangan maupun penagihan secara online. Sehingga pelaku UMKM tidak perlu keluar rumah dan dapat memastikan arus kas lancar.

Tips kedua, merencanakan kembali anggaran biaya dan target pendapatan. Dalam situasi yang tidak menentu sekarang ini, merencanakan kembali anggaran biaya maupun target pendapatan menjadi langkah yang penting. Pelaku UMKM tidak bisa memaksakan target pendapatan dimana pada akhirnya akan berdampak bagi UMKM kedepannya. Merencanakan kembali anggaran biaya perlu dilakukan, dimana memisahkan anggaran yang lebih mempengaruhi bisnis dan anggaran yang bersifat sekunder bisa untuk dikurangi. Selain merencanakan kembali anggaran biaya, pelaku UMKM juga harus merencanakan target pendapatan. Jika target pendapatan UMKM mengalami penurunan, tidak ada salahnya untuk mengurangi target pendapatan. Jadi jangan sampai pengelolaan keuangan bisnis tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini sehingga menjadi sebab mundurnya UMKM.

Tips ketiga, mengecek ketersediaan bahan baku dan stok barang. Siklus penawaran hingga pendapatan terjadi karena adanya suatu produk. Meskipun saat ini ketersediaan bahan baku maupun stok barang tidak terganggu, tidak salahnya juga pelaku UMKM melakukan pengecekan seiring dengan adanya perubahan secara mendadak saat ini. Salah satunya menghubungi suplier untuk menanyakan ketersedian barang selama satu bulan kedepan. Jika barang mengalami kelangkaan, pelaku UMKM harus memikirkan strategi yang akan digunakan, misalnya mencari bahan baku lain yang bisa menggantikan bahan baku yang sebelumnya jika terjadi kelangkaan. Jadi pelaku UMKM memastikan bisnisnya berjalan dan mampu bertahan saat kondisi pandemi saat ini.

Tips yang terakhir, memaksimalkan penggunaan marketplace dan media sosial. Dalam kondisi seperti saat ini penggunaan marketplace lebih cenderung banyak digunakan. Pelanggan lebih mempertimbangkan untuk berbelanja dari rumah yang lebih mudah. Bagi pelaku UMKM prosedur penggunaan marketplace selain gratis juga dapat membuat produk menjadi lebih mudah dijangkau oleh pelanggan. Pelaku UMKM juga dapat memberikan promo tertentu kepada pelanggan yang berbelanja melalui marketplace. Selain memaksimalkan marketplace, pelaku UMKM dapat juga mengembangkan melalui media sosial yang ada. Media sosial merupakan tempat yang banyak dikunjugi orang sehingga perlu dimaksimalkan untuk mengenalkan produk apa saja yang ada di UMKM Anda. Proses tersebut tidak bisa instan dan membutuhkan keterampilan. Tapi tentu saja pelaku UMKM bisa mempelajarinya perlahan karena akses informasi yang sangat mudah.

Itulah beberapa tips untuk pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi covid-19. Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan aplikasi dinol – dimulai nol khusus pengguna android untuk menyusun sebuah laporan keuangan sehingga bisa mempermudah pekerjaan saat ini. Semoga pelaku UMKM bisa meminimalisir dampak dari covid-19 ini dan siap menghadapi perubahan untuk menjadikan UMKM yang lebih kuat dan berkembang. Selamat mencoba !!

Tips Bertahan Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM
Scroll to top